Strategi Meingkatkan Omset Apotek
Strategi Meingkatkan Omset Apotek
Apotek merupakan salah satu peluang usaha yang cocok di pinggir
jalan dan tentunya di cari oleh khalayak ramai. Ada berbagai jenis
penyakit harian yang biasa menyerang masyarakat yang tentunya membutuhkan
penanganan obat. Berbagai obat generik yang umumnya tersedia di aoptek akan
memudahkan seseorang untuk mengatasi keluhan penyakit yang mereka derita.
Inilah mengapa kita harus lebih teliti dan memahami strategi pemasaran obat di
apotek agar selalu menghasilkan omset yang maksimal. Karena semua bentuk usaha,
baik itu yang berupa usaha kecil maupun usaha dalam skala yang lebih besar akan
tetap rentan terkena dampak kegagalan, karena berbagai faktor-faktor kegagalan usahaada di mana saja dan dapat
terjadi kapan saja.
Baik
itu apotek maupun jenis usaha lainnya yang cenderung dan akan mengalami
kegagalan, anda harus segera mencari tahu tentang cara mengatasi kegagalan dalam berwirausaha.
Karena tak jarang ada kalanya apotek yang sangat lengkap mengalami penurunan
omset dan sepi pembeli. Apapun faktor penyebabnya, anda tetap harus mengetahui
bagai mana cara mengatasinya, bukan? Tidaklah mudah mempertahankan omset yang
stabil atau naik setiap bulannya, namun bukan menjadi hal yang mustahil.
Berikut strategi ampuh dalam meikan jumlah omset apotek yang telah kami tangku
di bawah ini :
1.
Pelayanan Terbaik
Saat
memulai sebuah usaha, tent unya anda telah mengenal betul istilah yang
menyatakan bahwa pembeli adalah raja, bukan? Ya, strategi jitu dalam menaikan
omset apotek adalah dengan “mencuri” hati pembeli. Walaupun obat-obatan yang
anda tawarkan akan selalu sama dengan apotek lainnya, namun jika pelayanan anda
memuaskan, maka pelanggan akan selalu kembali kepada apotek anda.
2.
Kontrol Ketersediaan Obat
Obat-obatan
yang umum atau sering di beli harus tetap tersedia di apotek anda. Setidaknya
jangan sampai pembeli seringkali kecewa karena stok obat anda selalu habis dan
kosong. Tidak perlu menyetok obat dalam jumlah yang luar biasa banyak, namun
anda harus tetap teliti dan menyadari jika ada beberapa obat harian yang
stoknya mulai menipis atau bahkan sudah habis.
3.
Jalin Kerja Sama
Biasanya
seseorang akan lebih “percaya” jika apotek tersebut adalah salah satu apotek
yang di sarankan oleh para tim medis termasuk dokter. Dengan adanya hubungan
kerja sama ini maka akan ada beberapa keuntungan yang di peroleh oleh kedua
belah pihak, dimana sang dokter aka mendapatkan stok obat dan apotek
maendapatkan pengunjung hasil dari rekomendasi tim medis tersebut. Membangun
mitra seluas-luasnya juga merupakan salah satu prinsip dasar dalam cara memulai usaha dari nol.
4.
Optimalkan Promosi
Gunakanlah
beberapa media yang biasa di pakai dalam berpromosi seperti media online maupun
media offline. Masyarakat akan lebih tau jika anda mempromosikan apotek anda
secara maksimal. Bahkan beberapa layanan sosial media juga merupakan media
ampuh dalam melakukan promosi.
5.
Cek Tanggal Kadaluarsa
Jangan
sekali-kali meremehkan tanggal kadaluarsa dari obat-obatan yang anda simpan dan
perjual belikan di apotik anda. Anda pastinya tidak ingin berurusan dengan
pihak berwajib jika kedapatan memperjual belikan obat-obatan yang telah
melewati batas tanggal aman bukan? Nah oleh karena itu, selalu prioritaskan
keselamatan pembeli tersebut. Buanglah stok obat yang sudah tak layak pakai dan
gantilah dengan yang baru.
6.
Lakukan Permainan Harga
Jangan
selalu ingin mendapatkan untung yang melimpah dengan menaikkan harga setinggi
mingkin. Ingat bahwa salah satu cara bangkit dari kebangkrutan usaha adalah
dengan memainkan harga jual obat-obatan tersebut, begitu juga sebaliknya. Tidak
apa-apa jika anda hanya mendapatkan keuntungan kecil dari penjualan setiap
obat, namun selalu berjalan dan mendapatkan omset secara lancar tiap bulannya.
7.
Berikan Promo Spesial
Tidak
ada salahnya jika anda sekali-kali memberikan sebuah kejutan berupa promo
spesial yang menarik agar konsumen tetap selalu berlangganan di apotik anda.
Bahkan sebagian besar masyarakat memang sangat menyukai yang namanya “promo”
inilah alasan di balik seringnya para pengusaha memainkan trik promo untuk
menaikan jumlah penjualan atau omset perbulan mereka.
8.
Lakukan Pembukuan
Adanya
pengelolaan yang baik akan mejaga agara omset anda tetap berkembang dan
bertambah. Jangan selalu mencampurkan keuntungan pribadi dengan keuntungan
usaha. Usahakan agar anda memiliki pembukuan yang jelas agar semua hal yang
anda dapatkan dapat di masukkan secar terperinci dalam sebuah buku anggaran kas
bulanan apotik anda.
9.
Perluasan Networking
Yang
bisa anda jadikan mitra untuk bekerja sama bukanlah sebatas mereka yang
menggeluti dunia kesehatan saja. Anda tetap bisa bekerja sama dengan berbagai
kalangan yang bisa memperluas jaringan kemitraan anda. Karena sakit tidak
pernah memandang usia, jenis kelamin, tempat dan waktu. Obat adalah hal yang
sering di butuhkan ketika seseorang mengeluhkan sakit jenis apapun. adanya
sebuah promosi langsung dari mulut ke mulut merupakan tujuan tak langsung dari
memperluas jaringan kemitraan.
10.
Tawarkan Obat Terbaik
Konsumen
berhak memilih obat terbaik untuk kesembuhannya. Dan sudah sepantasnya sebagai
sang pemilik atau penjaga apotik untuk memeberikan gambaran dan berbagai jenis
obat alternatif dari obat yang mereka minta agar menjadi bahan perbandingan
bagi konsumen tersebut. Karena tidak ada yang ingin mengkonsumsi obat secara
terus menerus tanpa membuahkan hasil yang signifikan.
11.
Buatlah Logo dan Nama
Apotik
yang memiliki logo dan nama yang unik dan beda akan lebih mudah di kenang dan
dicari ketimbang apotek biasa yang mengunakan nama biasa atau pasaran. Karena
jika nama apotik anda cukup unik maka tidak akan sulit bagi konsumen untuk
menemukannya.
12.
Mengontrol Penjualan
Coba
teliti pnjualan produk apotik anda selama beberapa bulan belakangan. Jika ada
beberapa jenis atau merek obat yang sama sekali tidak laku maka anda harus
mencatat dan tidak perlu menambah stoknya lagi di masa yang akan datang.
Pengontrolan ini sangat penting agar anda tau jenis obat apa yang tidak boleh
habis di apotik anda. Atau jenis obat harian yang selalu di butuhkan oleh
masyarakat.
13.
Mencermati Pengelolaan Keuntungan
Di
bulan-bulan awal, jangan kembali menghabiskan keuntungan yang anda peroleh
untuk membeli stok obat baru. Setidaknya sisihkan beberapa persen keuntungan
yang di dapat agar tidak selalu habis secara sia-sia. Bahkan stik obat yang
sama sekali tidak laku bisa kembali anda jual dengan balik modal tanpa menaikan
harga jual untuk mendapatkan keuntungan.
14.
Maksimalkan Tempat
Apotek
yang berada di pinggir jalan akan lebih mudah di kenali dan terjangka daripada
apotek yang jauh berada di dalam kompleks perumahan. Di suatu sisi anda akan
mendapatkan pelanggan dari luar lingkungan anda jika apotek anda berada di
pinggir jalan.
Jangan
pernah menyepelekan pengelolaan sebuah usaha, karena peluang untuk mendapatkan
omset besar adalah dengan melakukan pengelolaan usaha yang baik termasuk untuk
sebuah usaha apotek. Semakin bagus manajemen pengelolaannya, maka semakin
berkembang dan naiklah omset dari apotek tersebut.
Izin promo ya Admin^^
ReplyDeleteBosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)